Program P4IP Murni Aspirasi Masyarakat, Bukan untuk Kepentingan Politik 2014

Dipublish Pada Tanggal : 05 Oktober 2013   dibaca : 285


PADANG, MinangkabauNews – Menanggapi laporan masyarakat adanya penunjukan langsung dari salah satu Caleg DPR RI untuk RW 7 Kelurahan Pengambiran, Wakil Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah mengatakan, “Biarkan cara kerja P4IP sesuai dengan prosedur PNPM, jangan sampai karena tindakan poltik satu orang mengorbankan kepentingan orang banyak,” kata Mahyeldi ketika sambutan sosialiasasi P4IP kepada BKM kelurahan dan Satker se-Kota Padang di Palanta, Kamis (3/10).

Sekedar diketahui Tahun 2013, Pemerintah menetapkan program untuk mengurangi beban hidup masyarakat miskin , akibat besaran subsidi BBM. Salah satu programnya kompensasi pasca kenaikan BBM tersebut adalah Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Pemukiman (P4IP). 

Menurut Mahyeldi, Program P4IP di Perkotaan yang dilaksanakan Kementerian PU yang merupakan pendukung PNPM Mandiri Perkotaan, sebagai upaya memberikan kemudahan akses penyediaan infrastruktur pemukiman perkotaan, terutama bagi masyarakat miskin, yang berbasis pemberdayaan masyarakat.

Jadi melalui penyediaan infrastruktur pemukiman di perkotaan, diharapkan masyarakat miskin diwilayah sasaran dengan cepat memulihkan kembali kondisi kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi di wilayahnya. Program P4IP di Perkotaan akan dilaksanakan pada 218 kota dan kabupaten.

Tujuannya adalah kata Wakil Walikota Padang memberikan kemudahan akses terhadap infrastruktur dasar pemukiman serta mendorong roda perekonomian masyarakat. Untuk Kota Padang, Program P4IP di Perkotaan yang dilaksanakan di 15 kelurahan, Bungus Timur, Air Pacah, Batang Kabung, Batipuh Panjang, Bungo Pasang, Lubuak Buaya, Korong Gadang, Pasar Ambacang, Pengambiran Ampalu Nan XX, Pampangan Nan XX, Gurun Laweh, Tabiang Banda Gadang, Gunung Pangilun, Kapalo Koto dan Limau Manis Selatan.

Kericuhan sempat terjadi ketika staf ahli komisi III DPR RI, Riki, memberikan instruksi kepada moderator, menyatakan program P4IP hasil usaha dari salah satu caleg DPR RI Dapil 1 Sumbar, "Ini program yang hasil kerja keras dari pak Epi Yardi Asda di Komisi II DPR RI, jika tidak diusulkan ke 15 kelurahan dipastikan gagal mendapatkan program ini, terserah kami dong menentukan lokasinya,” katanya.

Fuji Astomi dalam system prosedur dan mekanisme satker P4IP, tidak ada namanya penunjukan langsung melainkan pengusulan di mana kelurahan yang diusulkan memenuhi kriteria dan layak, program P4IP sebagai kompensasi BBM.

Menurutnya, program penanggulangan kemiskinan merupakan satu program dari 18 program prioritas di Kota Padang, berlanjut hingga tahun 2015. Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Pemukiman (P4IP) di Perkotaan mendukung PNPM Mandiri. Dalam sosialisasi ini diharapkan terjadi koordinasi antar unsur terkait dalam perencanaan implementasi program P4IP.

Sedangkan Satker PIP, Asnul ZA membantah program P4IP bersala dari Kemterian PU sebagai usaha pengentasan kemiskinan dan bukan sebagai panggung politk salah calon anggota DPR RI,” katanya. (008) 
 
 


Artikel Lainnya :
  • Walikota Padang Terima Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2013
  • P4IP Dilaksanakan pada 15 Kelurahan
  • Mahyeldi Buka KONPIWIL Nasional 2013 di Padang
  • Mushalla Nurush Shalihin SD 21/26 Jati Utara Diresmikan
  • Wawako Padang Resmikan Pemakaian Labor Agama SD 21

  • 0 Komentar :



    Tambahkan Komentar :
    Nama
    Website
    Komentar
    Kode Keamanan